Just another WordPress.com site

STORAGE

Storage
Storage adalah penyimpan, tempat penyimpanan, media yang digunakan untuk menyimpan data yang diolah oleh komputer, Fungsi storage adalah menyimpan data atau file dalam jangka panjang dan pendek. Bentuk penyimpanan memori pun terbagi menjadi dua yaitu memori primer dan memori sekunder.

1

 

LANJUT BACA KLIK  DI BAWAH INI>>

 

Storage Primer

Penyimpanan Primer yang dikenal sebagai Memori Primer. Memori Primer adalah satu-satunya yang dapat diakses secara langsung ke CPU yang berguna untuk membaca instruksi yang tersimpan di memori dan mengeksekusinya sesuai kebutuhan. Data apapun secara aktif dioperasikan dan disimpan di memori dengan cara yang sama.

Storage Sekunder

Penyimpanan Sekunder yang dikenal sebagai Memori Sekunder. Memori Sekunder adalah Memori yang berbeda dari penyimpanan utama karena tidak langsung dapat diakses oleh CPU. Komputer biasanya menggunakan input / output sekunder saluran untuk mengakses penyimpanan dan transfer data yang diinginkan melalui penyimpanan primer. Penyimpanan sekunder tidak kehilangan data bila perangkat diaktifkan. Penyimpananya pun lebih mudah dari penympanan utama.
Storage devices pada sistem komputer adalah kata lain dari secondary storage. Fungsinya untuk menyimpan data dalam sebuah computer

Kapasitas Memory

Kapasitas Memory adalah Jumlah byte (karakter) media penyimpanan. Berikut ini adalah Satuan byte beserta Nilainya :

Processor or Virtual Storage
1 Bit = Binary Digit
8 Bits = 1 Byte
1024 Bytes = 1 Kilobyte
1024 Kilobytes = 1 Megabyte
1024 Megabytes = 1 Gigabyte
1024 Gigabytes = 1 Terabyte
1024 Terabytes = 1 Petabyte
1024 Petabytes = 1 Exabyte
1024 Exabytes = 1 Zettabyte
1024 Zettabytes = 1 Yottabyte
1024 Yottabytes = 1 Brontobyte
1024 Brontobytes = 1 Geopbyte

Disk Storage
1 Bit = Binary Digit
8 Bits = 1 Byte
1000 Bytes = 1 Kilobyte
1000 Kilobytes = 1 Megabyte
1000 Megabytes = 1 Gigabyte
1000 Gigabytes = 1 Terabyte
1000 Terabytes = 1 Petabyte
1000 Petabytes = 1 Exabyte
1000 Exabytes = 1 Zettabyte
1000 Zettabytes = 1 Yottabyte
1000 Yottabytes = 1 Brontobyte
1000 Brontobytes = 1 Geopbyte
Secara umum, memori dibedakan atas volatile dan non-volatile. Memori yang bersifat volatile akan kehilangan informasi yang disimpannya jika supply energy dihentikan. Contoh dari volatile memori adalah RAM, Random Access Memori. RAM merupakan memori utama sebuah komputer, bertugas untuk menerima informasi kemudian menyimpannya untuk digunakan ketika dibutuhkan.

Non-volatile memori akan tetap menyimpan informasi walaupun supply energy dihentikan. Contoh dari non-volatile memori adalah ROM, Read Only Memory. ROM merupakan sebuah contoh dari Progammable Logic Device, yakni perangkat yang dapat diprogram untuk menyimpan informasi spesifik untuk perangkat keras komputer.

Floppy Disk (Disk Drive)

2

 

3
Floppy Disk (Disk Drive) adalah alat untuk membaca disket sebagai tempat menulis dan menyimpan data serta menjalankan sistem operasi dan aplikasi. Pada tahun 1990-an sampai dengan 2002 masih banyak menggunakan disket sebagai media penyimpanan data dan menjalankan sistem operasi dan aplikasi.

Jenisnya terdiri dari 5.1/4 inci (ukuran besar) = 360-720 kb dan 3.1/5 inci (ukuran kecil) = 1,4 Mb. Sejak tahun 2003 sampai sekarang, alat yang satu ini mulai tidak digunakan lagi, karena kebanyakan orang lebih suka menggunakan flashdisk atau CD/DVD bahkan eksternal harddisk dan memory card.

Menulis data di disket memerlukan beberapa tahap yang harus dijalani oleh komputer dan disket itu sendiri. Tahapan itu adalah sebagai berikut:
Program komputer akan meneruskan instruksi ke hardware komputer untuk menulis data pada floppy disk.
Kemudian, hardware komputer dan kontroller dari disket akan menyalakan Motor pada disket untukmemutar floppy disk. Disk yang ada di disket berbentuk bundar dan terdiri dari segmen-segmen kecil yang dinamakan sector.
Motor yang kedua, yang dinamakan stepper motor yang berfungsi untuk menempatkan heads ke track selanjutnya. Proses ini biasanya terjadi pada saat heads berada di track sebelumnya dan ingin mengakses track lainnya. Waktu dari track sebelumnya ke track setelahnya dinamakan “access time”.
Head dari read/write akan berhenti pada track. Head dari read akan mengecek apakah track tersebut  memiliki data atau tidak.
Sebelum data dari program ditulis pada disket, sebuah erase coil akan membersihkan sector tersebut. Ukuran dari head pada write lebih besar daripada sector yang akan ditulis datanya.
Head dari write yang telah diberikan energi akan menaruh data pada disket dengan cara memberikan magnet pada permukaan media recording (perekaman).
Disket akan berhenti berputar. Disket sekarang akan menunggu perintah selanjutnya dari computer
Floppy Disk Drive yaitu suatu perangkat yang ada di dalam komputer sebagai asesoris dan pelengkap yang dapat menyimpan data di dalam disket dengan kapasitas rendah. Selain dapat menyimpan data didalam disket floppy disk juga dapat untuk booting computer, di dalam computer terdapat maximal dua floppy disk yaitu flopy “A” dan flopy “B” tetapi biasanya yang terpasang hanya flopy “A “ saja karena kegunaannya sangatlah terbatas.

 

4

Bagian-bagian dari disket adalah :
1.  Stress relief cutouts, berfungsi untuk membuka/tutup pengait drive.
2.  Read/Write Windows, merupakan jendela yang digunakan untuk membaca dan menulis dari mekanisme drive.
3.  Hub ring, berfungsi sebagai pegangan untuk memutar disket.
4.  Index Hole, apabila lubang yag ada pada karton/cover menumpuk dengan lubang pada disket, menandakan posisi sector 0.
5.  Write, lubang ini apabila dalam posisi terbuka, maka disket bisa dibaca dan ditulis; Apabila tertutup maka disket hanya bisa dibaca saja.
6.  Label, digunakan untuk menulis nama pemilik disket ataupun nama program/data yang tersimpan didalamnya.

Hard Disk

5

Biasa disebut juga dengan cakram keras berbentuk piringan hitam terbuat dari alumunium dan dilapisi bahan magnetic.

Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop. Dengan kata lain, harddisk memiliki peran sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen (data-data tidak akan hilang atau terhapus). Kapasitas daya tampung daripada harddisk itu sendiri juga terbilang cukup besar. Dimana kalkulasi yang dipakai adalah dalam ukuran Byte (B).

CD (Compact Disc)

6

CD (Compact Disc) adalah sebuah media penyimpanan yang berbentuk piringan. Atau disebut juga optik pada generasi pertama yang menggantikan disket (floppy disc) pada waktu itu karena CD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dengan harga yang sama. CD banyak digunakan untuk membuat film dengan resolusi kecil atau sebagai media transmisi software-software aplikasi. CD memperoleh puncak penjualan pada tahun 2000 mencpai 2.445 keping. Sebenarnya dalam hal kualitas suara CD masih kalah dengan kaset, cuma CD memiliki keunggulan di dalam kapasitas penyimpanan.

Spesifikasi CD

CD memiliki kapasitas penyimpanan data 700 MB pada CD single layer. Dan menggunakan teknologi laser merah dengan panjang gelombang 700 nm (nano meter).Untuk letak penyimpanan berada pada layer bagian atas disc.
DVD (Digital Versatile Disc)
Digital Versatile Disc atau biasa disebut DVD adalah disk optik generasi kedua pengembangan dari CD yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar yaitu sekitar 7x dari CD. DVD meniliki kapasitas penyimpanan 4,7 GB single layer dan dapat memutar film atau video dengan resolusi 720×480 piksel. Oleh karena itu pada saat sekarang ini penyimpanan file video atau film lebih condong ke DVD. DVDR adalah DVD Recordable dan DVDRW adalah DVD ReWriteable. DVD pada single layer (DVD-5) dapat menyimpan sampai 2 jam film dengan mutu tinggi dan dilengkapi dengan audiotrack dengan format stereo Dolby digital atau DTS dengan seta juga advanced menu system, subtittle, maupun still picture.

Digital Versatile Disc
Spesifikasi  DVD

7

DVD masih menggunakan teknologi laser merah seperti halnya CD dengan panjang gelombang 635-650 nm (nano meter) sedangkan untuk data penyimpanan nya berada pada layer tengah  disc. Jadi data lebih aman dari pengaruh kerusakan disc. Tapi pada bagian bawah tetap ad pengaruh ketika terjadi kotor atau adanya goresan karena pada bagian bawah itulah optik laser merah untuk membaca data jadi ketika ada kotoran atau goresan itulah menyebabkan proses pembacaan menjadi lebih lama.

Perbedaan CD dan DVD
1.       Panjang Gelombang Sinar Laser
2.       Numerical aperture (NA)/Diafragma
3.       Daya tahan
4.       Kapasitas

5.       Biaya Produksi

Cara kerja laser membaca data pada CD dan DVD:

  1. Didalam CD drive laser lens akan mengeluarkan laser ke kepingan CD
  2. Setelah itu laser tersebut mengenai tonjolan yang ada di CD dan kemudian sinar itu memantul ke sebuah optical pickup.
  3. Pantulan sinar itulah yang dapat membaca setiap bit informasi yang ada di CD.
  4. Lalu sinyal bit digital itu diolah menjadi data analog dan diantarkan ke sinyal amplifier untuk diolah lebih lanjut oleh komputer
  5. Kemudian komputer akan mngenal data analog tersebut dan datanya akan mucul di layar monitor.
    CD ROM tidak dapat menghapus atau mengubah isi. Biasanya kapasitasnya 650 MB sampai 1 GB. Umumnya digunakan untuk mendistribusikan multimedia dan kompleks  Software.
    DVD ROM memiliki kapasitas yang tinggi, mampu menyimpan 4,7 GB hingga 17 GB. Untuk menggunakan DVD ROM marus memiliki DVD-ROM drive atau DVD player untuk membaca DVD-ROM.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: