Just another WordPress.com site

Perangkat Masukan

 Perangkat Masukan (Input Device)
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar

system. Input dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input digunakan untuk memasukkan data dan untuk memasukkan program.

Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan

berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai

terminal. Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan
kabel langsung atau lewat alat komunikasi.
Terminal dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal,
dan intelligent terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat
memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak
mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagaidumb
terminal. Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya

sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya

mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner(misaln y a magnetic ink
character recognition, optical data readeratau optical character recognition reader),

sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnyamicrophone), sedangkan alat input tidak langsung misalnyakeypu n ch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong),key-to- t ape yang merekam data ke media berbentuk pita(tape ) sebelum diproses oleh alat pemroses, dank ey-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau hard disk ) sebelum diproses lebih lanjut. Ada berbagai jenis data yang dikirimkan ke komputer, seperti :

a) Data berupa karakter, huruf, kode, simbol :k eyboard .

b) Data berupa besaran vektor (besaran dan arah) : pointing device .

c) Data imaging: gambar,visual.

d) Untuk automasi : pengiriman data terus menerus.

A. Keyboard

Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat dan dipatenkan oleh

Christopher Latham pada tahun 1868 dan

banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dengan kartu pelubang

(punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946
komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card
reader) sebagai alat input dan output. Bila mendengar kata “keyboard”, pikiran

tidak lepas dari adanya sebuah komputer karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol- simbol khusus pada komputer.

Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.

Padakey board terdapat tombol-tombol huruf (alphabet) A – Z, a – z, angka (numeric) 0 – 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ – + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ |, tombol fungsi (F1 – F12), serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Pada mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Banyak orang menggunakan mesin ketik, baik menisn ketik biasa maupun mesin ketik listrik. Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila digunakan mesin ketik manual maka tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa yang sudah ketik. Tidak demikian halnya dengan keyboard. Apa yang diketikkan dengan keyboard, hasil atau keluarannya dapat dilihat di layar monitor. Dara dapat dimodifikasi atau diubah bentuk tulisannya, dan kesalahan ketik dapat diperbaiki. Keyboard dihubungkan ke komputer melalui kabel yang dimasukkan ke dalam port pada CPU komputer.

B.Mouse


Pada dasarnya, penunjuk(poin ter) yang dikenal dengan sebutan”Mouse” dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika bola kecil dikeluarkan dari dalam mouse, akan terlihat dua pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah). Jika kita menggerakkan pengendali horisontal, penunjuk bergerak secara horisontal saja pada layar monitor komputer. Sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, penunjuk(pointer) hanya bergerak secara vertikal saja dilayar

C.Touch Screen

touchscreen adalah sebuah perangkat input komputer yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan komputerdan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi. Layar sentuh banyak digunakan dalam industri manufaktur yang membutuhkan tingkat akurasi, sensivitas terhadap sentuhan, dan durabilitas yang sangat tinggi. Namun perangkat layar sentuh semakin lama semakin dapat ditemukan dalam perangkat-perangkat teknologi konsumen yang diproduksi secara massal, seperti pada komputer jinjing, pemutar musik seperti iPod Touch, dan telepon genggam seperti iPhone atau Blackberry Storm. Hal ini dimungkinkan karena perangkat layar sentuh dapat dibuat dalam berbagai ukuran tampilan. Layar sentuh sering dipakai pada kios informasi di tempat-tempat umum, misalnya di bandara dan rumah sakit serta pada perangkat pelatihan berbasis komputer. Sistem layar sentuh tersedia dalam bentuk monitor yang sudah memiliki kemampuan layar sensitif sentuhan dan ada juga kit touchscreen yang lebih ekonomisyang dapat dipasang pada monitor yang sudah ada.

Komponen-komponen

Sebuah sistem layar sentuh terdiri atas tiga komponen dasar:

D. Light Pen

 

Sebuah pena cahaya adalah komputer perangkat input dalam bentuk tongkat cahaya yang sensitif yang digunakan dalam hubungannya dengan komputer CRT TV atau Monitor . It allows the user to point to displayed objects, or draw on the screen, in a similar way to a touch screen but with greater positional accuracy. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menunjuk ke objek yang ditampilkan, atau menggambar pada layar, dalam cara yang mirip dengan layar sentuh tapi dengan akurasi posisi yang lebih besar. It was long thought that a light pen can work with any CRT-based display, but not with LCD screens (though Toshiba and Hitachi displayed a similar idea at the “Display 2006” show in Japan [ 1 ] ), projectors and other display devices. Itu lama berpikir bahwa pena cahaya dapat bekerja dengan layar CRT-based, tapi tidak dengan LCD layar (meskipun Toshiba dan Hitachi ditampilkan ide serupa di “2006 Tampilan” pertunjukan di Jepang [1] ), proyektor dan perangkat display lainnya . However, in 2011 Fairlight Instruments released its Fairlight CMI-30A , which uses a 17″ LCD monitor with light pen control. Namun, pada tahun 2011 Instrumen Fairlight merilis Fairlight CMI-30A, yang menggunakan 17 “LCD monitor dengan kontrol pena cahaya. sederhana untuk diimplementasikan.  Sama seperti pistol cahaya , pena cahaya bekerja dengan merasakan perubahan kecil mendadak dalam kecerahan sebuah titik pada layar ketika electron gun tempat yang menyegarkan. Dengan mencatat persis di mana pemindaian telah mencapai pada saat itu, X, Y posisi pena dapat diselesaikan. Hal ini biasanya dicapai oleh pena cahaya menyebabkan interupsi , di mana titik posisi scan dapat dibaca dari suatu daftar khusus, atau dihitung dari counter atau timer. Posisi pena diperbarui pada setiap refresh layar. Para pena cahaya menjadi cukup populer selama awal 1980-an. Ini adalah penting untuk digunakan dalam CMI Fairlight , dan BBC Mikro . IBM PC yang kompatibel CGA , HGC dan beberapa EGA kartu grafis fitur konektor untuk pena cahaya juga. Bahkan beberapa produk konsumen diberi pena cahaya, khususnya MO5 Thomson keluarga komputer.Karena pengguna diminta untuk memegang lengan atau di depan layar untuk jangka waktu yang lama atau menggunakan meja yang miring monitor, pena cahaya jatuh dari digunakan sebagai perangkat input tujuan umum. Pena cahaya pertama diciptakan sekitar 1952 sebagai bagian dari angin puyuh proyek di MIT . Sejak versi terbaru dari game show Jeopardy! dimulai pada tahun 1984, kontestan telah menggunakan pena cahaya untuk menuliskan taruhan mereka dan tanggapan untuk Akhir Jeopardy! bulat. Karena Light Pen  beroperasi dengan mendeteksi cahaya yang dipancarkan oleh layar fosfor, beberapa tingkat intensitas nol harus hadir pada posisi koordinat yang akan dipilih, jika pena tidak akan dipicu.

E. Touch Pad

Touchpad (juga biasa disebut TrackPad) adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil. Touchpad mempunyai ukuran yang bervariasi tetapi jarang dibuat lebih dari 40 cm2 (6,3 x 6,3 cm atau sekitar 6 inci ²). Touchpad juga dapat ditemukan pada Personal Digital Assistant (PDA) dan beberapa media player portabel, seperti iPod menggunakan click wheel.

Touchpads terutama digunakan dalam komputer laptop mandiri portabel dan tidak memerlukan permukaan datar di dekat mesin. touchpad ini dekat dengan keyboard, dan hanya diperlukan gerakan jari yang sangat singkat untuk memindahkan kursor di monitor, sedangkan kekurangannya, kadang ibu jari pengguna memindahkan kursor mouse tanpa sengaja saat mengetik. Fungsi touchpad tersedia untuk komputer desktop di keyboard dengan built-in touchpad.



Ada dua cara pokok bagaimana touchpad bekerja.
[*]Dalam pendekatan matriks, serangkaian konduktor diatur dalam sebuah array dari garis paralel dalam dua lapisan, dipisahkan oleh isolator dan persimpangan satu sama lain pada sudut yang tepat untuk membentuk grid. Sinyal frekuensi tinggi diberikan secara berurutan antara pasangan dalam grid array dua dimensi. Arus yang lewat di antara node sebanding dengan kapasitansi. Ketika virtual ground, seperti jari, ditempatkan di atas salah satu persimpangan antara lapisan konduktif beberapa bidang listrik dihubungsingkat ke titik ground ini, mengakibatkan perubahan kapasitansi yang besar di titik itu. Metode ini menerima US Patent 5.305.017 diberikan kepada George Gerpheide pada bulan April 1994.
[*]Capacitive shunt method, dijelaskan dalam catatan aplikasi oleh Analog Devices, merasakan perubahan kapasitansi antara pemancar dan penerima yang ada di sisi berlawanan dari sensor. Pemancar menciptakan medan listrik yang berosilasi di 200-300 kHz. Jika titik ground, seperti jari, ditempatkan antara pemancar dan penerima, beberapa garis medan didorong menjauh, mengurangi kapasitans
Touchpads beroperasi dalam satu dari beberapa cara, termasuk capasitif sensing dan conductance sensing. Teknologi yang paling umum digunakan pada 2010 memerlukan penyensoran pada efek virtual ground pada jari, atau kapasitansi antara sensor-sensor yang ada. Touchpad berbasis kapasitansi tidak akan bisa merasakan ujung pensil atau hal lain yang serupa. jari yang bersarung juga mungkin akan bermasalah.Jika sebuah komputer didukung oleh sebuah unit catu daya eksternal (PSU), konstruksi dari PSU akan mempengaruhi efek virtual ground; touchpad dapat bekerja dengan baik dengan satu PSU tapi akan mengalami gangguan atau kerusakan jika ada PSU lain (ini tidak menyiratkan risiko listrik apapun. Kini telah diketahui penyebab masalah touchpad adalah ketika PSU dari produsen, yang telah dirancang untuk bekerja dengan touchpad, diganti dengan tipe yang berbeda. Efek ini dapat dicek dengan menyentuh bagian logam dari komputer dengan tangan dan melihat apakah operasi kembali seperti semua. Dalam beberapa kasus menyentuh power supply yang terisolasi dengan bagian tubuh, atau menggunakan komputer di pangkuan, bukan di atas meja, saat bekerja dapat mengembalikan operasi yang benar.Touchpad, seperti touchscreens, dengan desain mereka dapat merasakan posisi absolut, tapi resolusinya dibatasi oleh ukuran mereka. Untuk penggunaan umum sebagai perangkat penunjuk, gerakan dragging jari diterjemahkan menjadi lebih halus, gerakan relatif dari kursor pada layar, sejalan dengan penggunaan mouse yang diangkat dan diletakkan kembali di permukaan. Tombol untuk touchpad sama dengan tombol mouse standar (kiri dan kanan), biasanya ada di bawah, di atas, atau untuk mengurangi kedalaman pad dalam perangkat kompak seperti netbook, diletakkan di samping pad.Pada beberapa touchpad dan software device driver yang terkait, menekan pad dapat ditafsirkan sebagai klik, dan menekan diikuti dengan gerakan menunjuk kontinyu dapat digunakan untuk menyeret (drag). Driver touchpad dapat juga memungkinkan penggunaan beberapa jari untuk memfasilitasi tombol mouse lain (biasanya dua-jari menekan untuk tombol tengah).

Beberapa touchpad memiliki “hotspot”, lokasi di touchpad yang digunakan untuk fungsionalitas luar mouse. Sebagai contoh, pada touchpad tertentu, menggerakkan jari sepanjang tepi dari panel sentuh akan bertindak sebagai roda gulir, mengendalikan scrollbar dan menggulir jendela yang memiliki fokus secara vertikal maupun horizontal. Apple menggunakan drag dua-jari untuk scrolling pada trackpads mereka. Juga, beberapa driver touchpad mendukung fasilitas zona tekan, daerah di mana sebuah tekanan (tap) akan melaksanakan fungsi tertentu, misalnya, menghentikan media player atau meluncurkan aplikasi. Semua fungsi-fungsi ini diimplementasikan dalam software device driver touchpad, dan dapat juga dinonaktifkan

F.Barcode

Barcode

f. Barcode Reader

Barcode Reader

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

Baercode reader
  Sistem pengenalan  barcode adalah suatu sistem yang mampu mengenali  code barcode  dimana  code  ini digunakan untuk menyandikan suatu barang atau buku. Sistem ini banyak digunakan untuk penyandian sistem keamanan, seperti doorlock system. Aplikasi perkembangan sistem  barcode  ini sering dijumpai yaitu pada supermarket. Pada umumnya barcode banyak digunakan sebagai identifikasi terhadap suatu objek atau barang. Ada dua jenis barcode, yang pertama barcode satu dimensi. Barcode ini terdiri dari garis-garis yang berwarna putih dan hitam, warna putih untuk nilai 0 dan warna hitam untuk nilai 1, dan yang kedua yaitu barcode dua dimensi. Barcode  ini sudah tidak berupa garis-garis lagi akan tetapi seperti gambar sehingga informasi yang tersimpan di dalamnya akan lebih besar. (Prasetyo Cahyono, Gigih. 2008).

Dalam tugas akhir ini barcode yang digunakan yaitu barcode satu dimensi dengan tipe EAN 13 (Europe Article Number). Tipe EAN 13 sering kita jumpai  untuk kode suatu barang di supermarket.  Tipe EAN 13 dipakai untuk pengkodean barang-barang atau produk yang dikomersialkan, tipe ini sendiri terdiri dari 13 digit dan masing-masing digit memiliki arti. (Yuan, 1994). Pada  EAN, terdapat  dua buah metode yang sering digunakan yaitu EAN-13 dan EAN-8. Barcode EAN-13 dibagi menjadi 4 area, yaitu nomor sistem, kode manufaktur, kode produk dan digit cek (Hermawan, Erik. 2009)

a.Nomor sistem

Nomor sistem terdiri dari 2 digit yang menyatakan otoritas penomoran yang memberikan kode manufaktur

b.Kode manufaktur

Kode manufaktur merupakan kode yang unik yang diberikan ke setiap manufaktur dengan otoritas nomor yang diidentifikasi dengan kode nomor sistem. Semua produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan akan memakai kode manufaktur yang sama.

c.Kode produk

Kode produk merupakan kode yang diberikan oleh manufaktur pada setiap produk yang dihasilkannya

c.Digit cek

Digit cek merupakan digit tambahan yang digunakan untuk memeriksa apakah barcode telah dibaca secara benar.

G.Digitising Tablet

Sebuah tablet grafis (atau digitizer, tablet digitalisasi, pad grafis, menggambar tablet) adalah komputer perangkat input yang memungkinkan pengguna untuk tangan menggambar gambar dan grafis, mirip dengan cara orang menarik gambar dengan pensil dan kertas. Tablet ini juga dapat digunakan untuk menangkap data atau tanda tangan tulisan tangan. Hal ini juga dapat digunakan untuk melacak gambar dari selembar kertas yang ditempel atau diamankan ke permukaan. Menangkap data dengan cara ini, baik dengan menelusuri atau memasuki sudut linier poli-garis atau bentuk disebut digitalisasi .

Sebuah tablet grafis (juga disebut pena pad atau digitizer) terdiri dari permukaan datar di mana pengguna dapat “menggambar” atau jejak gambar menggunakan terpasang stylus , alat pena-seperti menggambar. Gambar umumnya tidak muncul pada tablet itu sendiri, melainkan, akan ditampilkan pada komputer memonitor . Beberapa tablet, bagaimanapun, datang sebagai layar komputer berfungsi sekunder [1] bahwa Anda dapat berinteraksi dengan gambar [2] langsung dengan menggunakan stylus.

Beberapa tablet dimaksudkan sebagai pengganti umum untuk mouse sebagai penunjuk utama dan perangkat navigasi untuk komputer desktop.

yang memungkinkanpengguna untuk membuat gambar yang cepat dan tepat dan rencana sketsa kasar dari produk utama. Ini menyediakan pola fleksibel dalam proses menggambar bahwa pengguna dapat mengubah sesuai dengan dimensi mereka diperlukan dengan upayayang minimal. ”

H.Joystick

Joystick adalah suatu perangkat input yang terdiri dari tongkat yang berporos di base dan laporan sudut atau arah ke perangkat itu adalah mengendalikan.Joystick, juga dikenal sebagai ‘kolom kontrol’, adalah kontrol utama dalam kokpit pesawat sipil dan militer yang, baik sebagai pusat tongkat atau sisi-stick .Mereka sering memiliki switch tambahan pada mereka untuk mengontrol aspek-aspek lain dari penerbangan pesawat.

Joystick sering digunakan untuk mengontrol permainan video, dan biasanya memiliki satu atau lebih tombol-tombol yang negara juga dapat dibaca oleh komputer. Sebuah variasi populer dari joystick yang digunakan pada modem konsol permainan video adalah analog stick . Joystick juga digunakan untuk mengendalikan mesin seperti crane, truk, kendaraan tak berawak bawah air, kursi roda, kamera pengintai dan mesin pemotong rumput berputar jari-jari nol.Miniatur jari-dioperasikan joystick telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronik kecil seperti ponsel .

I. MICR(Magnetic Ink Character Recognition)

MICR,(Magnetic Ink Character Recognition)
 adalah pengenalan karakter teknologi yang digunakan terutama oleh industri perbankan untuk memfasilitasi pengolahan cek dan membentuk nomor routing dan nomor rekening di bagian bawah cek. Teknologi ini memungkinkan komputer untuk membaca informasi (seperti nomor rekening) dari dokumen dicetak. Tidak seperti barcode atau teknologi yang sama, namun, kode MICR dapat dengan mudah dibaca oleh manusia.

Karakter MICR dicetak dalam tipografi khusus dengan tinta magnetik atau toner, biasanya mengandung oksida besi . Sebagai sebuah teks mesin MICR yang decode, pertama magnetizes karakter dalam pesawat kertas. Kemudian karakter yang melewati kepala membaca MICR, sebuah perangkat yang mirip dengan pemutaran kepala dari tape recorder . Sebagai karakter masing-masing melewati kepala yang unik menghasilkan gelombang yang dapat dengan mudah diidentifikasi oleh sistem.

Penggunaan pencetakan magnetik memungkinkan karakter untuk dibaca andal bahkan jika mereka telah overprinted atau dikaburkan oleh tanda lain, seperti pembatalan perangko dan tanda tangan. Tingkat kesalahan untuk pemindaian magnetik cek khas adalah lebih kecil dibandingkan denganpengenalan karakter optik sistem. Untuk dokumen MICR tercetak dengan baik, “tidak bisa membaca” tingkat biasanya kurang dari 1% sementara tingkat substitusi (salah membaca tingkat) berada di urutan 1 per 100.000 karakter.
Karakter MICR tetap lebar. Setiap nomor atau simbol menempati persis 1 / 8 inci. Angka yang sebenarnya atau simbol sendiri memiliki salah satu dari 5 lebar yang berbeda, dan harus diposisikan tepat dalam sel karakter tetap. Jika angka atau simbol tidak diposisikan dengan benar, maka pasangan tertentu dari angka atau simbol tidak akan membaca dengan benar.

Garis MICR pada bagian bawah cek mengkode tiga atau empat item terpisah. Jika cek lebih panjang dari 6,5 inci, bidang yang paling kiri adalah Auxiliary On-Kami. Biasanya memiliki nomor cek di dalamnya. Jika cek tersebut 6,5 inci atau kurang panjang, bidang ini tidak hadir.

J.OMR(Optical Mark Reader)

Optical Mark Recognition (juga disebut Optical Mark Reading dan OMR) adalah sebuah proses untuk membaca data yang ditandai oleh manusia pada formulir khusus (lembar jawaban computer).

Banyak OMR versi lama hanya berfungi dengan scanner khusus yang menscan kertas dengan menembakkan cahaya terhadap kertas tersebut. Tingkat kontras yang dipantulkan akan menentukan posisi di dokumen tersebut yang digunakan untuk mendeteksi area yang ditandai. Karena area tersebut memantulkan cahaya jauh lebih sedikit daripada area lain yang kosong pada kertas.

Sebagaian perangat OMR menggunakan formulir yang dicetak diatas kertas ‘tran-optic’ dan mengukur jumlah cahaya yang menembus kertas, dan tanda di kedua sisi kertas akan mengurangi jumlah cahaya yang menembus kertas tersebut.

Berbeda dengan  perangkat OMR, software OMR memungkinkan pengguna untuk membuat sendiri formulir dengan software word processor dan memprintnya dengan printer laser. Software OMR dapat berfungsi dengan menggunakan scanner biasa yang menggunakan document feeder agar dapat memproses banyak dokumen dengan cepat.

OMR pada umumnya berbeda dengan Optical Character Recognition (OCR) karena OMR tidak memerlukan mesin pengenal pola. Artinya tanda yang dibuat pada kertas dibuat sedemikian rupa supaya mudah dibaca oleh software. Ini berarti gambar di kertas harus memiliki kontras yang besar agar bias dikenali dengan mudah oleh software. Bagian yang sama antara OMR dan OCR adalah sama-sama mengenali barcode yang ada pada kertas lembar jawaban komputer.

Software ini sudah lama beredar di Indonesia. Namun demikian, baru segelintir perusahaan atau institusi yang mengetahui manfaatnya.

Matahari sudah naik ke peraduan. Ini hari ketiga Shanti, karyawan personalia di sebuah hotel berbintang di Solo, berkutat memeriksa dokumen ujian seleksi karyawan baru. Hotelnya membutuhkan 100 karyawan baru dan peserta yang mengikuti ujian berjumlah 850 orang. Jika hotel tempat Shanti bekerja menggunakan teknologi berbasis OMR untuk ujian saringan karyawan, tentu Shanti tidak perlu lembur selama itu.

OMR singkatan dari Optical Mark Recognition adalah sebuah perangkat lunak (software) yang memroses data melalui pantulan cahaya dengan menggunakan alat pemindai (scanner). Sebutlah siswa Ujian Akhir Nasional atau peminat Ujian Calon Pegawai Negeri Sipil, merekalah salah satu pengguna software ini. Teknologi ini sebenarnya sudah usang, namun banyak perusahaan yang belum tahu manfaatnya.

OMR mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1990-an. Di tahun itu, Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional alias Ebtanas di SMP dan SMA mulai memakai sistem ini. Mengingat lembar jawabannya kertas A4 yang bertekstur tebal dan agak kaku, maka tidak boleh lecek, terlipat, apalagi basah. Tangan yang memegangnya pun harus tetap kering dari keringat.

Dilihat dari sejarahnya, OMR berangkat dari teknologi untuk kaum tunanetra

K.Scanner

 

Scanner desktop, dengan tutupnya terangkat. Sebuah objek telah diletakkan di atas kaca, siap untuk pemindaian.

Scan dari batu giok badak terlihat pada foto di atas.

Dalam komputasi, gambar scanner-sering disingkat hanya scanner adalah perangkat yang optik scan gambar, teks tercetak, tulisan tangan , atau obyek, dan mengkonversinya menjadi citra digital . Contoh umum ditemukan di kantor adalah variasi dari desktop (atau flatbed) pemindai di mana dokumen diletakkan pada jendela kaca untuk pemindaian. Hand-held scanner, di mana perangkat digerakkan dengan tangan, telah berevolusi dari pemindaian teks “tongkat sihir” untuk 3D scanner yang digunakan untuk desain industri, reverse engineering, tes dan pengukuran, orthotics, game dan aplikasi lain. Scanner yang bergerak mekanis didorong dokumen biasanya digunakan untuk dokumen format besar, di mana sebuah desain flatbed akan tidak praktis.

Scanner modern biasanya menggunakan perangkat charge-coupled (CCD) atau Hubungi Image Sensor (CIS) sebagai sensor gambar, sedangkan scanner drum yang lebih tua menggunakan photomultiplier tabung sebagai sensor gambar. Sebuah scanner berputar, digunakan untuk kecepatan tinggi pemindaian dokumen, adalah jenis lain dari scanner drum, menggunakan array CCD bukan sebuah photomultiplier. Jenis lain dari scanner adalah scanner planet , yang mengambil foto buku dan dokumen, dan scanner 3D, untuk menghasilkan model tiga dimensi objek.

Kategori lain dari scanner kamera digital scanner, yang didasarkan pada konsep reprografi kamera. Karena resolusi peningkatan dan fitur baru seperti anti-goyang, kamera digital telah menjadi alternatif yang menarik untuk scanner biasa. Sementara masih memiliki kekurangan dibandingkan dengan scanner tradisional (seperti distorsi, refleksi, bayangan, kontras rendah), kamera digital menawarkan keuntungan seperti kecepatan, portabilitas dan digitalisasi dokumen tebal lembut tanpa merusak tulang belakang buku. Teknologi pemindaian baru menggabungkan scanner 3D dengan kamera digital untuk membuat penuh warna, foto-realistis model objek 3D. kutipan diperlukan ]

Di wilayah penelitian biomedis, deteksi perangkat untuk microarray DNA disebut scanner juga. Scanner ini resolusi tinggi sistem (hingga 1 pM / pixel), mirip dengan mikroskop. Deteksi dilakukan melalui CCD atau photomultiplier tabung (PMT).

L.Magnetic Reader

Reader magnetic stripe, untuk membaca data magnetic stripe, biasa di pakai di dalam suatu perusahaan yang memakai magnetic card, seperti Kartu ATM, Kartu Kredit, Kartu member, atau pun kartu Diskon, Alat reader ini hanya berfungsi sebagai alat pembaca magnetic stripe, yang telah terisi oleh data. Reader ini pun mempunyai dua macam jenis, Reader HICO dan LOCO,

Disamping reader, kami juga menyediakan untuk pengisian / encode untuk kartu magnetic strip. Untuk pengisian atau encoding data kami akan memberikan cuma – cuma atau GRATIS, Untuk sebuah restoran kartu magnetic ini sudah tidak asing lagi, telah banyak restoran yang telah memakai magnetic stripe, ini di maksudkan adanya potongan harga di setiap pembelanjaan, atau sebagai tanda member mereka.

untuk itu anda membutuhkan reader magnetic strip. tunggu apalagi, segera hubungi kami. dengan senang hati kamii akan memberikan solusi terbaik bagi perusahaan anda

Magnetic Stripe Card Reader / Penulis (encoders)

Unit ini dirancang untuk menulis dan memverifikasi data strip magnetik dan tidak menghilangkan kebutuhan untuk membaca unit saja . Semua penjualan pada produk encoder adalah final.Pembayaran mungkin diperlukan untuk dilakukan melalui transfer, Western Union, atau MoneyGram .. DOA akan diperbaiki atau diganti. Garansi produsen ini berlaku dari tanggal pembelian. Produk-produk ini baru dan asli, dan datang lengkap dengan perangkat lunak, kabel, dan set kabel listrik. Untuk membeli produk ini silahkan hubungi.

msr206.jpg (47442 bytes)

M.Smart Card

adalah sebuah kartu yang telah dipendam sirkuit terpadu. Meskipun banyak kegunaannnya, namun ada dua pembagian dasar dari kartu ini, yaitu kartu memori dan kartu dengan mikroprosesor.
Contoh kegunaan kartu ini yang paling banyak adalah untuk sistem pembayaran elektronik dan dalam kartu SIM.

Mungkin sebagian dari kita sering mendengar istilah smart card atau mungkin juga baru pertama kali ini mendengarnya. Padahal aplikasinya cukup penting dalam dunia bisnis. Jadi apakah smart card itu?

merupakan sebuah kartu, umumnya berukuran id card yang berisi chip berupa integrated circuit. Rangkaian (circuit) dapat memproses informasi dan menghasilkan keluaran/output. Kartu ini dapat menyimpan, mengolah, mengkomunikasikan dan mengenkripsi data untuk kepentingan organisasi. Transmisi data dibuat dengan komunikasi antara kartu dengan reader atau mendekatkan kartu beberapa saat ke suatu interface yang disebut dengan contactless interface. Nah saat pemrograman smart card bisa juga dilakukan di id card printer yang terpasang encoder yang umumnya optional atau dengan pemrograman eksternal.

Teknologi kartu ini dikembangkan pada akhir tahun 1960 setiap tahun mengalami perkembangan hingga pertengahan 1990. Yang paling umum menggunakan smart card ini adalah perbankan dan tempat transit dengan banyak barang atau orang. Akhirnya penggunaannya juga untuk identifikasi pribadi seperti yang telah ada saat ini.

Keamanan dan kegunaan id card bisa ditambahkan dengan pengenalan teknologi smart card untuk identifikasi pasar kartu. Kombinasi keduanya sudah umum dipakai saat ini. Disamping identifikasi, id card saat ini dapat digunakan untuk fungsi kendali masuk dalam ruang atau area yang butuh keamanan. Kartu ini dapat juga dipakai untuk mengakses jaringan atau database khusus.

Aplikasi smart card yang populer adalah untuk kartu mahasiswa, karyawan yang berfungsi sebagai kendali masuk ruangan, parkir, tol dan pembayaran elektronik. Dipasaran banyak dijumpai berbagai jenis smart card.

N. Biometric

adalah studi tentang metode otomatis untuk mengenali manusia berdasarkan satu atau lebih bagian tubuh manusia atau kelakuan dari manusia itu sendiri yang meiliki keunikan.

Dalam dunia teknologi informasi, biometrik relevan dengan teknologi yang digunakan utnuk menganalisa fisik dan kelakuan manusia untuk autentifikasi. Contohnya dalam pengenalan fisik manusia yaitu dengan pengenalan sidik jariretinairis, pola dari wajah (facial patterns), tanda tangan dan cara mengetik (typing patterns). Dengan suara adalah kombinasi dari dua yaitu pengenalan fisik dan kelakuannya.

Biometric merupakan teknik authentikasi yang mengambil karakteristik fisik seseorang. Ada beberapa teknik yang sering digunakan dalam authentikasi biometric. Beberapa diantara-nya adalah:

  • Pengenalan sidik jari, barangkali termasuk yang paling cost effective akan tetapi tetap mempertahankan tingkat keamanan yang tinggi dan kemudahan untuk penggunaan. Beberapa peralatan yang di pamerkan juga memperlihatkan sensor sidik jari yang terpasang pada mouse, pintu dll.
  • Pengenalan sidik jari dapat dikembangkan lebih lanjut untuk pengenalan telapak tangan. Seperti yang sering kita lihat dalam film-film detektif / action luar negeri.
  • Pengenalan Suara (Voice Scan) merupakan teknik lain yang merupakan bagian dari voice recognition. Tentunya teknik ini harus di perhalus untuk keperluan authentikasi, untuk keperluan non-authentikasi sudah di kenal dalam dunia telekomunikasi untuk automatisasi layanan pelanggan berdasarkan perintah suara.
  • Pengenalan muka (facial scan) merupakan teknik authentikasi lainnya yang akan mengenal muka seseorang dari hasil pengindraan kamera digital.
  • Signature Verification (verifikasi tanda tangan) dapat juga dilakukan secara otomatis menggunakan teknik pengenalan citra digital.
  • Iris Scan & Retina Scan, melakukan verifikasi dari retina mata – menurut sebagian peneliti tampaknya scan retina ini merupakan teknik yang termasuk paling ampuh untuk melakukan authentikasi di bandingkan sidik jari.
  • Keystroke Dynamik – merupakan teknik authentikasi yang paling unik karena teknik ini melihat cara kita mentik password di atas keyboard. Kebetulan saya sempat melihat sendiri dari dekat di COMDEX 2000 Las Vegas, jadi sistem akan belajar terlebih dulu dari sekitar 20-30 keystroke password yang kita masukan, jadi walaupun password kita di curi orang, si pencuri tidak akan bisa membobol sistem kita karena cara masing-masing orang dalam men-tik di papan keytboard akan selalu berbeda satu dengan lainnya. Perbedaan ini yang di deteksi oleh keystroke dynamic ini.

Umumnya para vendor juga telah mengembangkan teknik-teknik proteksi supaya sensor untuk scan berbagai bagian tubuh ini tidak tertipu mentah-mentah oleh maling / pencuri. Contohnya untuk scan sidik jari, sensor di lengkapi fasilitas pendeteksi pantulan kulit yang benar agar tidak tertipu jika pembobol menggunakan sarung tangan dengan sidik jari pengguna.

O.Camera Digital

adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensr CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital ke dalam media simpan digital.

Karena hasilnya disimpan secara digital maka hasil rekam gambar ini harus diolah menggunakan pengolah digital pula semacam komputer atau mesin cetak yang daat membaca media simpan digital tersebut.
Kemudahan dari kamera digital adalah hasil gambar yang dengan cepat diketahui hasilnya secara instan, kemudahan memindahkan hasil (transfer), dan penyuntingan warna, ketajaman, kecerahan dan ukuran yang dapat dilakukan dengan relatif lebih mudah daripada kamera manual.

“Digicam” beralih ke halaman ini. Untuk metode camouflauge militer dengan menggunakan micropatterns, lihat kamuflase Militer camouflauge # Digital .

Sebuah kamera digital (atau digicam) adalah kamera yang mengambil video yang atau masih foto , atau keduanya, digital dengan merekam gambar melalui elektronik sensor gambar . Ini adalah perangkat utama yang digunakan dalam bidang fotografi digital . Kebanyakan kamera abad ke-21 adalah digital. [1]

Depan dan belakang Canon PowerShot A95

Kamera digital dapat melakukan hal-hal kamera film tidak dapat: menampilkan gambar pada layar segera setelah mereka dicatat, menyimpan ribuan gambar pada perangkat memori tunggal yang kecil, dan menghapus gambar untuk ruang penyimpanan gratis. Mayoritas, termasuk kamera yang paling kompak, dapat merekam bergerak video yang dengan suara serta masih foto-foto . Beberapa dapat memotong dan menjahit gambar dan melakukan lainnya SD editing gambar . Beberapa memiliki GPS receiver built in, dan dapat menghasilkan foto-foto geotag .

Sistem optik bekerja sama dengan kamera film , biasanya menggunakan lensa dengan variabel diafragma untuk memfokuskan cahaya ke sebuah perangkat pikap gambar. Diafragma dan shutter mengakui jumlah yang benar cahaya untuk imager, seperti halnya dengan film, tetapi perangkat elektronik pick up gambar daripada kimia. Kebanyakan kamera digital, terlepas dari ponsel kamera dan beberapa jenis khusus, memiliki standar sekrup tripod .

Kamera digital dimasukkan ke dalam banyak perangkat mulai dari PDA dan ponsel (disebut ponsel kamera ) untuk kendaraan. Para Teleskop luar angkasa Hubble dan astronomi perangkat pada dasarnya kamera digital khusus.

sumber:

http://www.scribd.com/doc/11141584/22/Perangkat-Masukan-Input-Device http://id.wikipedia.org/wiki/Layar_sentuh

http://sourceflame.blogspot.com/2010/12/cara-kerja-touchpad.html
http://pusakajendeladunia-komputer.blogspot.com/2011/05/perangkat-keras-komputer-input-device.html

topgan.cce.unsyiah.ac.id/ProposalTGA/IIN%20AGUSTINA.doc

http://scannerperiksanilai.com/scannerljk-apa-itu-omr-optical-mark-reader/

http://omrindonesia.com/

http://id.wikipedia.org/wiki/Pemindai
http://www.supercard-id.com/index.php?option=com_content&view=article&id=48&Itemid=111

http://id.wikipedia.org/wiki/Smart_card

http://www.tokoribbon.com/blog/38-pengertian-smart-card.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Biometric

http://id.wikipedia.org/wiki/Smart_card

http://www.klik-kanan.com/fokus/biometric_2.shtml

http://en.wikipedia.org/wiki/Digital_camera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: