Just another WordPress.com site

  • 7 jenis Kategori Sistem Komputer
1.   Single User, Single Tasking
Pengguna tampaknya berbicara langsung ke CLI tapi semua komunikasi harus mengalirmelalui DOS, BIOS dan hardware.Hanya satu tugas mungkin aktif pada suatu waktu.

Bila baris perintah dijalankan, DOS mendapatkan nama dari perintah dan terlihat melaluidisk untuk menemukannya Jika itu dijalankan, ia membawa program ke dalam RAM danmenjalankan program. CLI memberikan kolom sisanya dari baris perintah ke programdieksekusi sehingga program tahu di mana untuk mencari data atas mana hal harus beroperasi.

Ketika program perintah selesai ia mengembalikan kontrol ke DOS yangmemberitahukan CLI untuk memasang perintah prompt lain dan menerima perintah lain.

Sebuah single-user sistem operasi yang merupakan sistem tugas tunggaldikembangkan untuk digunakan dengan komputer atau perangkat elektronik yanghanya akan menjalankan satu aplikasi pada suatu waktu. Jenis OS biasanya digunakanpada perangkat seperti telepon nirkabel dan perangkat dua arah pesan. single tasking, single-user sistem operasi hanya dapat menjalankan satu program atau aplikasi pada satu waktu, dan jadi tidak berguna untuk komputer atau perangkat lain yang dimaksudkan untuk menjalankan beberapa program sekaligus.

2.      Sistem Single User , MultitaskingDrawing of Windows 3.1 running under DOS
Ketika prosesor Intel finallly tertangkap dengan chip Motorola yang digunakan dalamMacintosh, Microsoft memutuskan untuk menerapkan sistem (Graphic User Interface)operasi berbasis GUI. Grafis bekerja dengan baik tetapi Microsoft diimplementasikansebagai semacam bantuan band-atas DOS. Sejak DOS tidak kembali peserta, Windows 3 tidak dapat menjadi benar-benar multi-tasking.Alih-alih menggunakan pra-empltive multi-tasking seperti semua sistem operasi laintidak, Microsoft diperlukan bahwa program aplikasi sendiri harus kembali ke Windowsuntuk memungkinkan tugas-tugas lain untuk menjalankan. Hal ini menempatkan beban tambahan pada setiap program yang harus Windows yang kompatibel.

windows berlari sebagai aplikasi di DOS. Ini dikelola semua panggilan DOS untukmencegah pemanggilan beberapa panggilan DOS yang bisa crash sistem.

Pengguna mampu membuka beberapa jendela, masing-masing per tugas, beralihantara tugas-tugas dengan mengklik pada jendela tugas tersebut. Sementara itu,karena semua aplikasi harus kembali ke DOS secara berkala, bahkan tugas yang tidak dipilih bisa melakukan pengolahan. Itu effiectively multi-tasking tetapi diperlukanpengembang aplikasi untuk partisi program mereka ke dalam potongan executablekecil dengan kembali ke OS di antara mereka.
Single user dan multitasking c/ sambil mengetik mendengarkan musik. Workstation menyediakan sistem operasi. multitasking single user karena kemampuannya dapat dikonfigurasikan untuk operasi multiuser.Cooperative multitasking Time line

3.      Sistem Multiuser, menyediakan penambahan. fasilitas yang mengijinkan berbagai pengguna untuk berbagai sumber daya sehingga bisa berbagi I/O, file login pengguna, prosedur password dan keamanan.Multipengguna atau Pengguna ganda adalah istilah dalam sistem operasi atau perangkat lunak aplikasi yang memperbolehkan akses oleh beberapa pengguna dalam waktu bersamaan ke sistem operasi atau aplikasi tersebut. Istilah lawannya yaitu single-user mengacu kepada suatu sistem operasi yang hanya bisa digunakan oleh satu pengguna setiap saat.
4.     Sistem Server Jaringan, beban utama program bisa diubah/digeser dari sistem multiuser ke client individu yang dihubungkan ke server melalui jaringan. Server menyediakan file, layanan print, layanan basisdata, layanan eksekusi program untuk client.
5.   Sistem Waktu Nyata, sistem dimana satu / lebih proses harus bisa mengakses CPU secara cepat ketika diperlukan dan membutuhkan aplikasi untuk mengukur dan mengendalikan perangkat I/O dan merespon didalam mengendalikan waktu spesifik c/ pengendalian roket, reaktor nuklir.
6.  Sistem Kendali Embedded (sistem waktu nyata yang didekasikan untuk aplikasi khusus), khusus dirancang untuk mengendalikan sebagian peralatan c/ automobile / oven microwave.

Sebuah Sistem Kendali Embedded /sistem tertanam adalah sebuah sistem komputer yang dirancang untuk melakukan satu atau beberapa berdedikasi dan / atau spesifikfungsi [1] [2] sering dengan komputasi real-time kendala. Hal ini tertanam sebagai bagian dari perangkat lengkap sering termasuk hardware dan bagian mekanik. Sebaliknya, komputer keperluan umum, seperti komputer pribadi (PC), dirancang untuk menjadi fleksibel dan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan pengguna akhir. Embedded system kontrol banyak perangkat umum digunakan saat ini. [3]

Embedded sistem pengolahan core yang mengandung biasanya baik mikrokontroler atau prosesor sinyal digital (DSP). [4] Karakteristik kunci, bagaimanapun, adalah yang didedikasikan untuk menangani tugas tertentu. Mereka mungkin memerlukan prosesor yang sangat kuat dan komunikasi yang luas, misalnya kontrol lalu lintas udara sistem berguna dapat dilihat sebagai tertanam, meskipun mereka melibatkankomputer mainframe dan jaringan regional dan nasional yang didedikasikan antara bandar udara dan situs radar (radar masing-masing mungkin mencakup satu atau lebih sistem tertanam sendiri).

Karena sistem tertanam didedikasikan untuk tugas-tugas tertentu, insinyur desain dapat mengoptimalkan itu untuk mengurangi ukuran dan biaya produk dan meningkatkan kehandalan dan kinerja. Beberapa sistem tertanam diproduksi secara massal, manfaat dari skala ekonomi .

Secara fisik, embedded system berkisar dari perangkat portable seperti jam digital dan MP3 player , untuk instalasi stasioner besar sepertilampu lalu lintas , pengontrol pabrik , atau mengontrol sistem pembangkit listrik tenaga nuklir . Kompleksitas bervariasi dari rendah, dengan satu mikrokontroler chip, untuk yang sangat tinggi dengan beberapa unit, peripheral dan jaringan dipasang di dalam besar chassis atau kandang.

Secara umum, “sistem tertanam” bukanlah istilah didefinisikan secara ketat, sebagai sistem yang paling memiliki beberapa unsur diperpanjang atau programabilitas. Sebagai contoh, komputer genggam berbagi beberapa elemen dengan embedded system seperti sistem operasi dan mikroprosesor bahwa kekuasaan mereka, tapi mereka memungkinkan aplikasi yang berbeda untuk dimuat dan peripheral dihubungkan. Selain itu, bahkan sistem yang tidak mengekspos programabilitas sebagai fitur utama umumnya perlu untuk mendukung pembaruan perangkat lunak. Pada kontinum dari “tujuan umum” menjadi “tertanam”, sistem aplikasi besar akan memiliki subkomponen di titik-titik paling bahkan jika sistem secara keseluruhan adalah “dirancang untuk melakukan satu atau beberapa fungsi khusus”, dan dengan demikian layak untuk memanggil “tertanam “.

Karakteristik

Gumstix Overo COM,, kecil OMAPtertanam berbasis komputer-on-moduldengan Wifi dan Bluetooth .

1. Embedded system yang dirancang untuk melakukan beberapa tugas tertentu, bukan menjadi komputer tujuan umum untuk berbagai keperluan. Beberapa juga memiliki real-time kendala kinerja yang harus dipenuhi, dengan alasan seperti keamanan dan kegunaan; yang lain mungkin memiliki persyaratan kinerja rendah atau tidak ada, memungkinkan perangkat keras sistem harus disederhanakan untuk mengurangi biaya.

2. Embedded sistem tidak selalu perangkat mandiri. Banyak embedded system terdiri dari kecil, bagian komputerisasi dalam perangkat yang lebih besar yang melayani tujuan yang lebih umum. Sebagai contoh, Gitar Gibson Robot dilengkapi dengan sistem tertanam untuk tuning string, tetapi tujuan keseluruhan dari Gitar Robot, tentu saja, untuk memutar musik. [5] Demikian pula, sebuah sistem tertanam dalam sebuah mobil menyediakan fungsi spesifik sebagai subsistem dari mobil itu sendiri.

e-con Sistem eSOM270 & eSOM300 Komputer pada Modul

3. Instruksi-instruksi program yang ditulis untuk embedded system disebut sebagai firmware , dan disimpan dalam memori hanya-baca atau Flash memorichip. Mereka berjalan dengan sumber daya perangkat keras komputer yang terbatas: memori kecil, keyboard kecil atau tidak ada dan / atau layar.

7.    Sistem Terdistribusi, kekuatan pengolahan data didistribusikan antara komputer dalam jaringan:
1.      Sistem Client-Server server komputer, menyediakan suatu interface untuk client yang dapat mengirim permintaan untuk melakukan aksi, dalam merespon aksi eksekusi mereka dan mengirim kembali hasilnya ke client.
2.      server file, menyediakan suatu interface sistem file dimana pengguna dapat membuat, mengubah,membaca dan menghapus file.
3.      Sistem peer to peer, secara virtual semua PC modern dan workstation mampu menjalankan browser web untuk mengakses dokumen seperti hypertext pada web dan komputer dapat mengakses internet via local area network / hubungan telepon.
Sistem terdisitribusi merupakan kumpulan autonomous computers yang
terhubung melalui sistem jaringan computer dan dilengkapi dengan sistem
software tedistribusi untuk membentuk fasilitas computer terintegrasi.
Proses:
- Dijalankan secara bersamaan (execute concurrently)
- interaksi untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan yang sama
- mengkoordinasikan aktifitas dan pertukaran informasi yaitu pesan
yang dikirim melalui jaringan komunikasi
Pentingnya Komputasi Terdistribusi
Contoh Umum:
- Internet, global jaringan interkoneksi computer yang berkomunikasi
melalui IP (Internet Protocol) Protocol;
- Intranet, jaringan teradministrasi terpisah dengan batasan pada
kebijakan keamanan local;
- Mobile dan komputasi diberbagai tempat, laptops, PDA, mobile phone,
printers, peraltan rumah, dll
- World Wide Web (www), sistem untuk publikasi dan akses sumber
daya dan layanan melalui Internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: