Just another WordPress.com site


1) Super Computer


Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.

Jenis komputer ini biasanya menghabiskan biaya yang sangat mahal. Pada sebagian besar jenis dari komputer ini, super komputer terdiri dari gabungan beberapa komputer yang mempunyai kinerja tinggi yang bekerja secara paralel sebagai sebuah sistem tunggal. Superkomputer yang paling terkenal saat ini adalah Superkomputer Cray.

kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.

Superkomputer biasanya unggul dalam kecepataan dari komputer biasa dengan menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungn tertentu, biasanya penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya. Supercomputer sebenarnya adalah sebuah komputer yang biasa kita lihat. Namun yang membuatnya berbeda dengan komputer biasa (PC) adalah modifikasi yang dilakukan terhadap komponennya, seperti kecepatan. Sebuah supercomputer membutuhkan kecepatan yang tinggi agar bisa mengerjakan banyak tugas pada saat yang bersamaan. Memori pada supercomputer didesain khusus agar prosessor tetap mengerjakan tugasnya setiap waktu.
Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.

Sekarang supercomputer banyak digunakan dalam penyelesaian masalah kompleks seperti fisika kuantum, peramalan cuaca, penelitian iklim, permodelan molekul, simulasi percobaan fisika, analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

Layaknya komputer biasa, perkembangan supercomputer sangatlah pesat. Beberapa superkomputer yang ada :

1. Jaguar – Cray XT5-HE Opteron Six Core 2.6 GHz
2. Roadrunner – BladeCenter QS22/LS21 Cluster, PowerXCell 8i 3.2 Ghz / Opteron DC 1.8 GHz, Voltaire Infiniband
3. Kraken XT5 – Cray XT5-HE Opteron Six Core 2.6 GHz
4. JUGENE – Blue Gene/P Solution
5. Tianhe-1 – NUDT TH-1 Cluster, Xeon E5540/E5450, ATI Radeon HD 4870, Infiniband
6. Pleiades – SGI Altix ICE 8200EX, Xeon QC 3.0 GHz/Nehalem EP 2.93 Ghz
7. BlueGene/L – eServer Blue Gene Solution
8. Blue Gene/P Solution
9. Ranger – SunBlade x6420, Opteron QC 2.3 Ghz, Infiniband
10. Red Sky – Sun Blade x6275, Xeon X55xx 2.93 Ghz, Infiniband

Cray XT5 adalah versi terbaru dari Cray XT4 yang diluncurkan pada tanggal 6 November 2007. Cray XT5 adalah versi yang lebih cepat dari SeaStar2 milik XT4. Interkoneksi router yang dimiliki oleh XT5 disebut dengan SeaStar2+. Cray XT5 memiliki empat soket prosesor dual-core AMD Opteron, dengan delapan soket mendukung dual atau quad core Opteron. XT5 menggunakan topologi jaringan torus 3-dimensi. Sedangkan varian XT5m merupakan superkomputer kelas menengah dengan sebagian besar fiturnya adalah milik XT5. Perbedaanya dengan XT5 karena hanya memiliki topologi jaringan torus 2-dimensi dan berskala sampai 6 lemari. Pada musim gugur tahun 2008, Cray berkapasitas 1,3 petaflops mendukung penelitian di pusat nasional komputerisasi ilmu pengetahuan (Oak Ridge National Laboratories). Sistem ini, dengan lebih dari 150.000 core dijuluki “Jaguar” dan merupakan sistem tercepat kedua di dunia dibawah LINPACK. Sistem Cray XT5 juga merupakan sistem tercepat yang tersedia untuk membuka ilmu pengetahuan dan sistem pertama yang melebihi kinerja berkelanjutan petaflops padaAplikasi ilmiah 64-bit

Persebaran superkomputer di dunia, 61% dari 500 super komputer tercepat berada di Amerika Serikat disusul oleh Britania Raya (8,2%), Jerman (4,8%), Jepang (4,2%), Republik Rakyat Cina(3,4%), Australia (2,2%), Israel (1,8%), Prancis (1,6%), Korea Selatan (1,4%), Italia (1,2%) dan Kanada (1,2%).Serta 43,8% dari 500 superkomputer tercepat tersebut dibuat oleh IBM diikuti oleh Hewlett-Packard (33,8%), Cray (3,6%), SGI (3,6%), Dell (3,4%), Linux Network (3,2%), NEC (1,2%), Atipa Technology (1%), buatan sendiri (1%) dan Hitachi (1%). Raksasa prosesor dunia Intel masih memimpin dengan prosesor Intel IA-32 yang dipakai 41,2% dari 500 superkomputer tercepat tersebut diikuti oleh Intel EM64T (16,2%), Power (14,6%), AMD x86-64 (11%), Intel IA-64 (9,2%), PA-RISC (3,4%) dan Cray (1,6%). Sebanyak 72,2% dari 500 superkomputer tersebut menggunakan sistem operasi Linux, selebihnya menggunakan AIX (8,8%), HP-UNIX (6,2%), CNK/Linux (3,6%), UNICOS (2,8%), MacOS X (1%) dan SuSE Linux 9 (1%).

History

Sebuah superkomputer Cray-1 diawetkan di Museum Deutsches
Sejarah superkomputer kembali ke tahun 1960-an ketika serangkaian komputer di Control Data Corporation (CDC) yang dirancang oleh Seymour Cray untuk menggunakan desain inovatif dan paralelisme untuk mencapai kinerja puncak unggulkomputasi. CDC 6600, yang dirilis pada tahun 1964, umumnya dianggap sebagaisuperkomputer pertama.
Cray meninggalkan CDC pada tahun 1972 untuk membentuk perusahaan sendiri.Empat tahun setelah meninggalkan CDC, Cray menyampaikan 80 MHz Cray 1 pada tahun 1976, dan itu menjadi salah satu superkomputer paling sukses dalam sejarah Cray -2 dirilis pada tahun 1985 adalah 8 prosesor komputer cairan didinginkan danFluorinert dipompa melalui itu sebagai itu beroperasi. Ini dilakukan pada 1,9 gigaflopsdan tercepat di dunia sampai tahun 1990.
Sedangkan superkomputer tahun 1980-an yang digunakan hanya beberapa prosesor,pada 1990-an, mesin dengan ribuan prosesor mulai muncul baik di Amerika Serikat dan di Jepang, membuat rekor baru kinerja komputasi. Numerik Angin Fujitsusuperkomputer Terowongan digunakan 166 prosesor vektor untuk mendapatkan posisi teratas pada tahun 1994 dengan kecepatan puncak 1,7 gigaflops per prosesor Para SR2201 Hitachi memperoleh kinerja puncak 600 gigaflops pada tahun 1996dengan menggunakan 2048 prosesor terhubung melalui jaringan tiga dimensi palangcepat  The Paragon Intel bisa 1000-4000 Intel i860 prosesor dalamberbagai konfigurasi, dan menempati peringkat tercepat di dunia pada 1993. Paragonadalah mesin MIMD yang terhubung melalui prosesor mesh dua dimensi kecepatan tinggi, memungkinkan proses untuk mengeksekusi pada node yang terpisah;.Berkomunikasi melalui Passing Interface Pesan

2).Mainframe

Komputer bingkai utama

Komputer mainframe Honeywell-Bull DPS 7 di tahun 1990an

Komputer Bingkai Utama atau Komputer Kerangka Utama (Bahasa Ingris: Mainframe computer) adalah komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi yang menangani data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan. Pengguna-pengguna ini menggunakan terminal untuk dapat mengakses data dan aplikasi di dalam komputer besar ini. Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya

Deskripsi

Komputer Bingkai Utama memiliki keunggulan bukan hanya dalam kecepatan pengolahan data, melainkan juga kompabilitas dengan berbagai aplikasi dan juga ketangguhannya. Mesin ini dapat bekerja dalam waktu lama tanpa interupsi sama sekali. Faktor inilah yang menjadi alasan bagi perusahaan untuk menggunakan mainframe. Biaya yang harus ditanggung akan menjadi sangat besar apabila mesin operasional harian berhenti berjalan.

Di tahun 1960an, Komputer Bingkai Utama tidak memiliki fitur interaktif. Pengguna harus menggunakan kartu magnetik dan menjalankan proses akhir hari secara manual dengan mengetikkan instruksi satu per satu. Di awal 1970 mainframe mulai memiliki interface yang interaktif dan memudahkan pengguna. Di masa ini pula pengguna mainframe tetap dapat melakukan akses pada saat proses akhir hari berjalan. Pengguna melakukan akses ke mainframe melalui terminal khusus. Baru beberapa puluh tahun belakangan ini pengguna dapat mengakses mainframe melalui komputer personal dengan menggunakan emulator sebagai perantara

Karakteristik

Hampir semua mainframe memiliki kemampuan untuk menjalankan (atau host) beberapa sistem operasi, dan dengan demikian beroperasi sebagai host dari sebuah kolektif mesin virtual. Dalam perannya ini, mainframe tunggal dapat menggantikan perangkat keras yang lebih tinggi-layanan yang tersedia untuk server berfungsi konvensional. Sementara mainframe merintis kemampuan ini, virtualisasi sekarang tersedia di kebanyakan keluarga sistem komputer, meskipun tidak selalu pada tingkat yang sama atau tingkat kecanggihan [kutipan diperlukan].
Mainframe dapat menambahkan atau kapasitas pertukaran sistem panas tanpa mengganggu fungsi sistem, dengan kekhususan dan rincian untuk tingkat kecanggihan biasanya tidak tersedia dengan solusi server yang paling [rujukan?]. Mainframe modern, terutama zSeries IBM, Sistem Z9 dan Sistem z10 server, menawarkan dua tingkat virtualisasi: partisi logical (LPARs, melalui fasilitas PR / SM) dan mesin virtual (melalui sistem operasi z / VM). Banyak pelanggan mainframe menjalankan dua mesin: satu di data center utama mereka, dan satu di pusat-cadangan mereka sepenuhnya data aktif, sebagian aktif, atau siaga-dalam hal ada bencana yang mempengaruhi bangunan pertama. Pengujian, pengembangan, pelatihan, dan produksi beban kerja untuk aplikasi dan database dapat berjalan pada mesin tunggal, kecuali untuk kebutuhan yang sangat besar di mana kapasitas satu mesin mungkin membatasi.Seperti instalasi dua mainframe dapat mendukung layanan bisnis yang berkesinambungan, baik menghindari pemadaman terencana dan tidak terencana.

History
l produsen komputer mainframe yang diproduksi dari akhir 1950-an hingga 1970-an. Kelompok produsen pertama kali dikenal sebagai “IBM dan Tujuh Kurcaci”: IBM, Burroughs, UNIVAC, NCR, Control Data, Honeywell, General Electric dan RCA.Kemudian, menyusut, hal itu disebut sebagai IBM dan IKATAN tersebut. Dominasi IBM tumbuh dari 700/7000 seri mereka dan, kemudian, pengembangan seri 360 mainframe. Arsitektur terakhir telah terus berkembang menjadi mainframe mereka saat zSeries yang, bersama dengan Burroughs kemudian dan Sperry (sekarang Unisys) MCP-based dan OS2200 | OS1100 mainframe, di antara beberapa mainframe arsitektur masih ada yang bisa melacak akar mereka ke awal periode. Yang mengatakan, sementara zSeries IBM tetap dapat menjalankan 24-bit kode System/360, 64-bit dan zSeries Z9 Sistem CMOS tidak ada server fisik yang sama dengan sistem lama. Produsen terkemuka di luar Amerika Serikat adalah Siemens dan Telefunken di Jerman, ICL di Britania Raya, Olivetti di Italia, dan Fujitsu, Hitachi, Oki, dan NEC di Jepang. Uni Soviet dan negara-negara Pakta Warsawa diproduksi salinan dekat mainframe IBM selama Perang Dingin; seri BESM dan Strela adalah contoh dari sebuah komputer yang dirancang Soviet secara independen.
Permintaan menyusut dan persaingan ketat mulai shakeout di pasar pada awal tahun 1970 – RCA yang dijual ke UNIVAC dan GE juga kiri; pada tahun 1980 Honeywell dibeli oleh Banteng; UNIVAC menjadi sebuah divisi dari Sperry, yang kemudian bergabung dengan Burroughs untuk membentuk Unisys Corporation pada tahun 1986. Pada tahun 1991, AT & T yang dimiliki NCR singkat. Selama periode yang sama, perusahaan menemukan bahwa server berdasarkan desain mikrokomputer bisa dikerahkan di sebagian kecil dari harga akuisisi dan menawarkan pengguna lokal banyak kontrol lebih besar atas sistem mereka sendiri diberi kebijakan TI dan praktek pada waktu itu.Terminal yang digunakan untuk berinteraksi dengan sistem mainframe secara bertahap digantikan oleh komputer pribadi. Akibatnya, permintaan menurun drastis dan instalasi mainframe baru dibatasi terutama untuk jasa keuangan dan pemerintah. Pada awal 1990-an, ada konsensus di kalangan analis industri kasar bahwa mainframe adalah pasar sekarat sebagai platform mainframe semakin digantikan oleh jaringan komputer pribadi. Infoworld yang Stewart Alsop terkenal memperkirakan bahwa mainframe terakhir akan dicabut pada tahun 1996.
Bahwa tren mulai berbalik pada akhir tahun 1990an sebagai perusahaan menemukan penggunaan baru untuk mainframe yang ada dan sebagai harga dari jaringan data yang runtuh di sebagian besar dunia, mendorong tren menuju komputasi terpusat lebih.Pertumbuhan e-bisnis juga secara dramatis meningkatkan jumlah back-end transaksi diproses oleh perangkat lunak mainframe serta ukuran dan throughput database. Batch processing, seperti penagihan, menjadi lebih penting (dan lebih besar) dengan pertumbuhan e-bisnis, dan mainframe sangat mahir dalam komputasi skala batch besar. Faktor lain yang meningkatkan penggunaan mainframe saat ini adalah pengembangan dari sistem operasi Linux, yang tiba pada sistem mainframe IBM pada tahun 1999 dan biasanya berjalan dalam nilai atau ratusan mesin virtual pada sebuah mainframe tunggal. Linux memungkinkan pengguna untuk mengambil keuntungan dari perangkat lunak open source dikombinasikan dengan RAS hardware mainframe.Ekspansi yang cepat dan pembangunan di pasar negara berkembang, terutama Republik Rakyat Cina, juga memacu investasi mainframe besar untuk memecahkan masalah komputasi yang sangat sulit, misalnya menyediakan terpadu, database transaksi volume yang sangat tinggi pengolahan online untuk 1 miliar konsumen di berbagai industri (perbankan, asuransi, pelaporan kredit, pelayanan pemerintah, dll) Pada akhir tahun 2000 IBM memperkenalkan 64-bit z / Arsitektur, mengakuisisi berbagai perusahaan perangkat lunak seperti Cognos dan memperkenalkan produk-produk perangkat lunak untuk mainframe. IBM laporan kuartalan dan tahunan di tahun 2000-an biasanya melaporkan pendapatan mainframe meningkat dan kapasitas pengiriman. Namun, bisnis perangkat keras mainframe IBM belum kebal terhadap penurunan keseluruhan baru-baru ini di pasar hardware server atau efek model siklus.Sebagai contoh, pada kuartal 4 tahun 2009, IBM System z pendapatan perangkat keras menurun 27% tahun ke tahun. Tapi pengiriman MIPS (ukuran kapasitas mainframe) meningkat 4% per tahun selama dua tahun terakhir.

3). Minicomputer

 

Minicomputer

 

File:Pdp7-oslo-2005.jpeg

 


komputer mini (bahasa sehari-hari, mini) adalah kelas komputer multi-user yang

 terletak di tengah kisaran spektrum komputasi, di antara sistem multi-user terbesar(komputer mainframe) dan single-user sistem terkecil (mikrokomputer atau komputerpribadi ). Kelas pada satu waktu membentuk sebuah kelompok yang berbeda denganhardware sendiri dan sistem operasi, tetapi istilah kontemporer untuk kelas midrangesistem komputer, seperti tinggi akhir-SPARC, POWER dan sistem berbasis Itanium dari Sun Microsystems, IBM dan Hewlett-Packard
Istilah Minicomputer sudah jarang digunakan, sekarang biasa disebut dengan Mid-Range Server. Kekuatan dari komputer jenis ini masih di bawah Mainframe.
Sejarah

1960: Negara Asal; 1970: Pasar kubu
Istilah ini berkembang pada tahun 1960 untuk menggambarkan “kecil” komputer generasi ketiga yang menjadi mungkin dengan penggunaan sirkuit terpadu dan teknologi inti memori. Mereka biasanya mengambil satu atau beberapa lemari ukuran kulkas besar atau dua, dibandingkan dengan mainframe yang biasanya akan mengisi ruangan. Komputer mini pertama yang sukses adalah 12-bit PDP-8 Digital Equipment Corporation, yang biaya dari US $ 16.000 ke atas ketika diluncurkan pada tahun 1964.Prekursor penting dari PDP-8 termasuk PDP-5, LINC, TX-0, TX-2, dan PDP-1. Digital Equipment memunculkan sejumlah perusahaan komputer mini di sepanjang Massachusetts Route 128, termasuk Data Umum, Wang Laboratories, Apollo Komputer, dan Komputer Perdana. Komputer mini juga dikenal sebagai komputer midrange. Mereka memiliki kekuatan pemrosesan yang relatif tinggi dan kapasitas yang sebagian besar sesuai dengan kebutuhan organisasi rentang pertengahan.Mereka digunakan dalam proses manufaktur atau email penanganan yang dikirim dan diterima oleh perusahaan. Pada 70, mereka adalah perangkat keras yang digunakan untuk meluncurkan desain dibantu komputer, CAD, industri dan industri sejenis lainnya di mana sistem terdedikasi yang lebih kecil diperlukan.
Seri 7400 dari sirkuit terintegrasi TTL mulai muncul dalam minicomputer pada akhir tahun 1960. Para 74.181 Unit aritmatika logika (ALU) yang umum digunakan dalam jalur data CPU. Masing-masing memiliki lebar 74181 bus dari empat bit, maka popularitas bit-slice arsitektur. Seri 7400 menawarkan data pemilih, multiplexer, tiga-state buffer, kenangan, dll dalam dual in-line paket dengan jarak sepersepuluh inci, membuat komponen sistem utama dan arsitektur jelas dengan mata telanjang. Mulai tahun 1980-an, minicomputer banyak digunakan sirkuit VLSI.
Seperti mikrokomputer dikembangkan pada 1970-an dan 80-an, minicomputer mengisi daerah mid-range antara mikrokomputer bertenaga rendah dan mainframe kapasitas tinggi. Pada saat itu mikrokomputer single-user, mesin yang relatif sederhana menjalankan sistem operasi sederhana program peluncur seperti CP / M atau MS-DOS, sementara mini jauh lebih kuat sistem yang berlari penuh multi-user, multitasking sistem operasi seperti VMS dan Unix, sering dengan timesharing versi BASIC untuk pengembangan aplikasi (MAI Dasar Empat sistem yang sangat populer dalam hal itu).Mini klasik adalah komputer 16-bit, sedangkan kinerja yang lebih tinggi muncul 32-bit mini sering disebut sebagai superminis. Pada peluncuran MITS Altair 8800 pada tahun 1975, majalah Radio Electronics disebut sistem sebagai “komputer mini”, meskipun benar akan disebut komputer mikro, seperti itu adalah komputer pribadi pertama yang tersedia secara komersial berdasarkan mikroprosesor chip tunggal dari intel.
Pertengahan 1980-an, 1990: mini ini memberikan jalan ke micros
Penurunan mini terjadi karena biaya yang lebih rendah dari hardware berbasis mikroprosesor, munculnya murah dan mudah deployable sistem jaringan area lokal, munculnya 68020, 80286 dan 80386 mikroprosesor, dan keinginan dari pengguna akhir menjadi kurang bergantung pada produsen komputer mini tidak fleksibel dan departemen IT / “pusat data”-dengan hasil yang minicomputer dan terminal komputer digantikan oleh workstation dan server jaringan dan PC di paruh kedua 1980-an.
Selama tahun 1990-an perubahan dari minicomputer ke jaringan PC murah dipererat oleh perkembangan beberapa versi Unix untuk berjalan di arsitektur mikroprosesor Intel x86, termasuk Solaris, FreeBSD, NetBSD dan OpenBSD. Juga, seri Microsoft Windows sistem operasi, dimulai dengan Windows NT, sekarang termasuk versi server yang didukung fitur preemptive multitasking dan lain yang diperlukan untuk server.
Seperti mikroprosesor telah menjadi lebih kuat, CPU dibangun dari beberapa komponen-sekali fitur yang membedakan membedakan mainframe dan sistem midrange dari mikrokomputer-telah menjadi semakin usang, bahkan di komputer mainframe terbesar.
Digital Equipment Corporation adalah produsen komputer mini terkemuka, pada satu waktu perusahaan komputer terbesar kedua setelah IBM. Tetapi sebagai komputer mini menurun dalam menghadapi server UNIX generik dan berbasis Intel PC, tidak hanya Desember, tetapi hampir setiap perusahaan komputer mini lainnya termasuk Data General, Perdana, Computervision, Honeywell dan Wang Laboratories, yang berbasis di New England juga runtuh. Desember dijual ke Compaq pada tahun 1998.

4).Personal Computer 

 

Computer-aj aj ashton 01.svg

(PC) adalah setiap komputer general-purpose yang ukuran, kemampuan, dan asli harga jual membuatnya berguna bagi individu, dan yang dimaksudkan untuk dioperasikan secara langsung oleh pengguna akhir tanpa campur tangan operator komputer. Sebaliknya, pengolahan batch atau model time-sharing memungkinkan sistem mainframe besar mahal untuk digunakan oleh banyak orang, biasanya pada saat yang sama. Sistem pengolahan data yang besar memerlukan staf penuh-waktu untuk beroperasi secara efisien.

Software aplikasi untuk komputer pribadi mencakup, tetapi tidak terbatas pada, pengolah kata, spreadsheet, database, browser web dan e-mail klien, pemutaran media digital, permainan, dan produktivitas pribadi segudang dan tujuan khusus aplikasi perangkat lunak. Komputer pribadi modern sering memiliki koneksi ke Internet, memungkinkan akses ke World Wide Web dan berbagai sumber daya lain. Komputer pribadi dapat dihubungkan ke jaringan area lokal (LAN), baik dengan kabel atau koneksi nirkabel. Sebuah komputer pribadi mungkin sebuah komputer desktop atau laptop, tablet PC, atau PC genggam.
Sementara pemilik PC awal biasanya harus menulis program sendiri untuk melakukan sesuatu yang berguna dengan mesin, pengguna saat ini memiliki akses ke berbagai perangkat lunak komersial dan perangkat lunak bebas, yang disediakan dalam siap-to-run bentuk atau siap-untuk-kompilasi . Sejak 1980-an, Microsoft dan Intel telah mendominasi sebagian besar pasar komputer pribadi, pertama dengan MS-DOS dan kemudian dengan platform Wintel. Alternatif untuk Windows termasuk Apple Mac OS X dan open-source Linux OS. AMD adalah alternatif utama untuk Intel.

History

 

 

Pada awal 1970-an, orang-orang di lembaga akademis atau penelitian memiliki kesempatan untuk single-orang menggunakan sistem komputer dalam mode interaktif untuk jangka waktu diperpanjang, meskipun sistem ini masih akan terlalu mahal untuk dimiliki oleh satu orang.
Pada tahun 1970 Hewlett Packard memperkenalkan komputer diprogram sepenuhnya BASIC yang sesuai sepenuhnya di atas meja, termasuk keyboard, layar satu baris kecil dan printer. 2200 yang Wang dari 1973 memiliki ukuran penuh tabung sinar katoda (CRT) dan penyimpanan kaset. IBM 5100 pada tahun 1975 memiliki layar CRT kecil dan bisa diprogram dalam BASIC dan APL. Ini adalah komputer khusus umumnya mahal dijual untuk keperluan bisnis atau ilmiah. Pengenalan mikroprosesor, sebuah chip tunggal dengan semua sirkuit yang sebelumnya diduduki lemari besar, menyebabkan proliferasi komputer pribadi setelah 1975.
Awal komputer pribadi – mikrokomputer umumnya disebut – yang dijual seringkali dalam bentuk kit dan dalam volume terbatas, dan kepentingan sebagian besar untuk penggemar dan teknisi. Pemrograman minimal dilakukan dengan saklar toggle untuk memasukkan instruksi, dan output diberikan oleh lampu panel depan. Praktis menggunakan periferal yang diperlukan seperti keyboard, terminal komputer, disk drive, dan printer. Micral N adalah komersial pertama, non-kit komputer mikro berdasarkan mikroprosesor, Intel 8008. Itu mulai dibangun pada tahun 1972 dan sekitar 90.000 unit terjual. Pada tahun 1976 Steve Jobs dan Steve Wozniak menjual komputer Apple I circuit board, yang sepenuhnya disiapkan dan berisi sekitar 30 chip. Komputer pribadi pertama berhasil massa dipasarkan adalah Commodore PET diperkenalkan pada Januari 1977. Hal itu segera diikuti oleh TRS-80 dari Radio Shack dan Apple populer II.Massal-pasar siap-dirakit komputer yang diperbolehkan lebih luas orang untuk menggunakan komputer, dengan fokus lebih pada aplikasi perangkat lunak dan kurang pada pengembangan perangkat keras prosesor.
Melalui akhir 1970-an dan ke tahun 1980-an, komputer yang dikembangkan untuk keperluan rumah tangga, dengan perangkat lunak untuk pribadi, pemrograman produktivitas dan permainan. Satu mesin tersebut, Commodore 64, mencapai 17 juta unit yang terjual, sehingga terlaris model komputer tunggal pribadi dari semua waktu [4]. Sistem Agak lebih besar dan lebih mahal (walaupun masih rendah-biaya dibandingkan dengan minicomputer dan mainframe) yang ditujukan di kantor dan penggunaan bisnis kecil. Workstation ditandai dengan prosesor berkinerja tinggi dan menampilkan grafis, dengan penyimpanan disk yang besar lokal, kemampuan jaringan, dan berjalan dibawah sistem operasi multitasking.

IBM 5150 sebagai Tahun 1981
Akhirnya, karena pengaruh dari PC IBM di pasar komputer pribadi, komputer pribadi dan komputer rumah kehilangan setiap perbedaan teknis. Komputer bisnis diperoleh warna kemampuan grafis dan suara, dan rumah komputer dan sistem permainan pengguna menggunakan prosesor yang sama dan sistem operasi sebagai pekerja kantor. Pasar massal komputer memiliki kemampuan grafis dan memori sebanding dengan workstation yang berdedikasi beberapa tahun sebelumnya. Bahkan jaringan area lokal, awalnya cara untuk memungkinkan komputer bisnis untuk berbagi penyimpanan massal mahal dan periferal, menjadi fitur standar komputer pribadi yang digunakan di rumah.

sumber:http://en.wikipedia.org/wiki/Mainframe_computer

http://en.wikipedia.org/wiki/Supercomputer

http://en.wikipedia.org/wiki/Mainframe_computer
http://en.wikipedia.org/wiki/Personal_computer

http://isti9h.blogspot.com/2011/02/materi-kelas-7-jenis-jenis-komputer.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_bingkai_utama

http://www.indonesiaindonesia.com/f/81622-super-computer/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,280 other followers

%d bloggers like this: